Bagi para siswa TKJ kelas XI untuk Jobsheet Praktik Pembuatan Cable Straight dan Crossover bisa didownload di link tautan dibawah ini :
Praktik LAN 1
Pelaksanaan Sistem Pengayaan Dam Pembekalan Materi Praktik Kejuruan Nasional Agar Menciptakan Output Yang Kompeten Di Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan.
Kegembiraan para siswa TKJ selepas melakukan Ujian Praktik Kejuruan Nasional diluapkan dengan Ber"selvi" ria bersama Penguji Eksternal dan Penguji Internal.
Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Cokroaminoto Wanadadi Tahun Ajaran 2021/2022 telah dibuka di SMK Cokroaminoto Wanadadi dengan 2 Program Keahlian: Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).
Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) TKJ TA 2021/2022 sebagai salah satu fungsi pembuktian kompetensi siswa program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKS Cokroaminoto Wanadadi.
Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) TKJ TA 2021/2022 sebagai salah satu fungsi pembuktian kompetensi siswa program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKS Cokroaminoto Wanadadi Menggunakan Standar Protap Covid19.
Standar Kompetensi
|
Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (LAN)
|
Kompetensi Dasar
|
Membuat disain awal jaringan
|
Indikator
|
1. Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
2. Diagram jaringan fisik LAN
dikembangkan sesuai persyaratan
pengguna
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan
pengguna
|
Pertemuan
Ke
|
Indokator
|
Langkah –
langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Aspek PBKB
& Kewirausahaan yang dikembangkan
|
1
|
1.
Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1. Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
1. Relegius
2. Disiplin 3. Jujur 4. Tanggung jawab 5. Demokrasi |
|||
2. Motivasi Guru
·
Guru memberikan ilustrasi tentang, membuat disain awal
jaringan
|
1. Mandiri
2. Kerja keras
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
1.
Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
1. Religius 2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Demokratis 5. Kreatif |
|||
2.
Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
1. Religius
2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Tanggung jawab 5. Disiplin 6. Kreatif 7. Kerja sama 8.Menghargai prestasi 9. Demokrasi |
|||
3.
Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
1. Kreatif
2. Mandiri
3. Disiplin
4. Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru melakukan pos test untuk menggukur sejauh mana
proses pembelajaran telah terlaksana.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untu
pembahasan minggu berikutnya
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
2
|
2. Diagram jaringan fisik LAN dikembangkan
sesuai persyaratan pengguna
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
-Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
-Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
3
|
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan pengguna`
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
·
Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
No
|
Ranah Penilaian
|
Indikator yang diukur
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
Skor nilai
|
Ket
|
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
||||||
1
|
Kognitif
(kemampuan berpikir)
|
1,2,3,4
|
1. Ingatan
2. Pemahama
3. Penerapan
4. Analisis
|
1. Tes tulis
2. Tugas Rkm
|
1. Soal Essay
2. Rangkuman hasil diskusi kelompok
|
30
|
Perorangan
|
2
|
Afektif
(sikap)
|
1,2,3,4
|
Penilaian proses
|
Pengamatan
|
1. Lembar Pengamatan
|
20
|
|
3
|
Psikomotorik
(keterampilan
)
|
4
|
Keterampilan
|
1. Unjuk kerja
|
1. Jobsheet
2. Laporan Praktik
3. Lembar Penilaian
|
50
|
|
Jumlah
|
100
|
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||
Kerja Sama
|
Perhatian
|
Partisipasi
|
Cara menyampaikan pendapat
|
Keingintahuan
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
10
|
|||||||||
11
|
|||||||||
12
|
|||||||||
13
|
|||||||||
14
|
|||||||||
15
|
|||||||||
16
|
|||||||||
17
|
|||||||||
18
|
|||||||||
19
|
|||||||||
20
|
|||||||||
21
|
|||||||||
22
|
|||||||||
23
|
|||||||||
24
|
|||||||||
25
|
|||||||||
26
|
|||||||||
27
|
|||||||||
28
|
|||||||||
29
|
|||||||||
30
|
|||||||||
31
|
|||||||||
32
|
|||||||||
33
|
|||||||||
34
|
|||||||||
35
|
|||||||||
36
|
|||||||||
37
|
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
18
|
|||||||||||
19
|
|||||||||||
20
|
|||||||||||
21
|
|||||||||||
22
|
|||||||||||
23
|
|||||||||||
24
|
|||||||||||
25
|
|||||||||||
26
|
|||||||||||
27
|
|||||||||||
28
|
|||||||||||
29
|
|||||||||||
30
|
|||||||||||
31
|
|||||||||||
32
|
|||||||||||
33
|
|||||||||||
34
|
|||||||||||
35
|
|||||||||||
36
|
|||||||||||
37
|
Aspek
|
Skor (0-10)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
|
20
|
Syarat
kelulusan, nilai minimal 75 dengan nilai setiap aspek, minimal 75
|
||
Afektif
|
20
|
|||
Psikomotorik
|
50
|
|||
Nilai Akhir
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total / Nilai
|
|||
Kognitif
20%
|
Afektif
20%
|
Psikomotorik
50%
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
||||||
337
|