Standar Kompetensi
|
Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (LAN)
|
Kompetensi Dasar
|
Membuat disain awal jaringan
|
Indikator
|
1. Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
2. Diagram jaringan fisik LAN
dikembangkan sesuai persyaratan
pengguna
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan
pengguna
|
Pertemuan
Ke
|
Indokator
|
Langkah –
langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Aspek PBKB
& Kewirausahaan yang dikembangkan
|
1
|
1.
Persyaratan klien pengguna
ditinjau ulang dan persyaratan jaringan LAN diidentifikasi.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1. Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
1. Relegius
2. Disiplin 3. Jujur 4. Tanggung jawab 5. Demokrasi |
|||
2. Motivasi Guru
·
Guru memberikan ilustrasi tentang, membuat disain awal
jaringan
|
1. Mandiri
2. Kerja keras
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
1.
Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
1. Religius 2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Demokratis 5. Kreatif |
|||
2.
Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
1. Religius
2. Gemar membaca 3. Rasa ingin tahu 4. Tanggung jawab 5. Disiplin 6. Kreatif 7. Kerja sama 8.Menghargai prestasi 9. Demokrasi |
|||
3.
Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
1. Kreatif
2. Mandiri
3. Disiplin
4. Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru melakukan pos test untuk menggukur sejauh mana
proses pembelajaran telah terlaksana.
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untu
pembahasan minggu berikutnya
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
2
|
2. Diagram jaringan fisik LAN dikembangkan
sesuai persyaratan pengguna
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
-Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
-Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
|||
3
|
3.
Tipe-tipe terminal dan
penempatannya, prosesor-prosesor, protokol yang diperlukan dan arsitektur
jaringan LAN ditentukan berdasarkan spesifikasi teknik dan persyaratan pengguna`
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||
1.
Apresiasi
·
Berdoa bersama
·
Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan pembinaan
·
Guru menyampaikan indikator pembelajaran pada pertemuan
hari ini
·
Guru menjelaskan tentang strategi pembelajaran serta
cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2.
Motivasi
·
Guru memberikan ilustrasi tentang kebutuhan sumberdaya
LAN, desanin LAN. Untuk memotivasi siswa.
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
Kegiatan
Inti
|
||||
1. Eksplorasi
·
Guru Menjelaskan materi pelajaran instalasi perangkat
jaringan.
·
Guru menerangkan komponen-komponen Perangkat jaringan
·
Guru menerangkan instalasi perangkat jaringan sesuai
dengan kebutuhan LAN
|
·
Relegius
·
Disiplin
·
Jujur
·
Tanggung jawab
·
Demokrasi
|
|||
2. Elaborasi
·
Peserta didik melakukan diskusi secara kelompok
membahas tentang :
·
Kelompok 1.
Membahas tentang Identifikasi kebutuhan LAN
·
Kelompok 2. Membahas cara kerja Perangkat jaringan
·
Secara bergiliran masing–masing mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Siswa yang lain menanggapi dan membahasnya.
·
Guru sebagai fasilitator dan memandu jalannya diskusi.
|
·
Relegius
·
Gemar membaca
·
Rasa inggintahu
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Menghargai prestasi
·
Demokrasi
·
Toleransi
|
|||
3. Konfirmasi
·
Guru meminta kepada siswa untuk melakukan refleksi
tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
|
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
|||
Penutup
·
Guru meminta kepada beberapa siswa untuk melakukan
refleksi tentang pengetahuan baru apa yang telah diperoleh selama proses pembelajaran
·
Guru melakukan postest
|
1. Kreatif
2. Kerja keras
3. Disiplin
4. Madiri
5. Jujur
6. Tanggung jawab
|
No
|
Ranah Penilaian
|
Indikator yang diukur
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
Skor nilai
|
Ket
|
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
||||||
1
|
Kognitif
(kemampuan berpikir)
|
1,2,3,4
|
1. Ingatan
2. Pemahama
3. Penerapan
4. Analisis
|
1. Tes tulis
2. Tugas Rkm
|
1. Soal Essay
2. Rangkuman hasil diskusi kelompok
|
30
|
Perorangan
|
2
|
Afektif
(sikap)
|
1,2,3,4
|
Penilaian proses
|
Pengamatan
|
1. Lembar Pengamatan
|
20
|
|
3
|
Psikomotorik
(keterampilan
)
|
4
|
Keterampilan
|
1. Unjuk kerja
|
1. Jobsheet
2. Laporan Praktik
3. Lembar Penilaian
|
50
|
|
Jumlah
|
100
|
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||
Kerja Sama
|
Perhatian
|
Partisipasi
|
Cara menyampaikan pendapat
|
Keingintahuan
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
10
|
|||||||||
11
|
|||||||||
12
|
|||||||||
13
|
|||||||||
14
|
|||||||||
15
|
|||||||||
16
|
|||||||||
17
|
|||||||||
18
|
|||||||||
19
|
|||||||||
20
|
|||||||||
21
|
|||||||||
22
|
|||||||||
23
|
|||||||||
24
|
|||||||||
25
|
|||||||||
26
|
|||||||||
27
|
|||||||||
28
|
|||||||||
29
|
|||||||||
30
|
|||||||||
31
|
|||||||||
32
|
|||||||||
33
|
|||||||||
34
|
|||||||||
35
|
|||||||||
36
|
|||||||||
37
|
No
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai Rata-rata
|
Nilai Akhir
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
18
|
|||||||||||
19
|
|||||||||||
20
|
|||||||||||
21
|
|||||||||||
22
|
|||||||||||
23
|
|||||||||||
24
|
|||||||||||
25
|
|||||||||||
26
|
|||||||||||
27
|
|||||||||||
28
|
|||||||||||
29
|
|||||||||||
30
|
|||||||||||
31
|
|||||||||||
32
|
|||||||||||
33
|
|||||||||||
34
|
|||||||||||
35
|
|||||||||||
36
|
|||||||||||
37
|
Aspek
|
Skor (0-10)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif
|
20
|
Syarat
kelulusan, nilai minimal 75 dengan nilai setiap aspek, minimal 75
|
||
Afektif
|
20
|
|||
Psikomotorik
|
50
|
|||
Nilai Akhir
|
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total / Nilai
|
|||
Kognitif
20%
|
Afektif
20%
|
Psikomotorik
50%
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
||||||
35
|
||||||
36
|
||||||
337
|